SELAMAT DATANG DI SITUS YAYASAN ARRAFIIYAH - MEDIA SILATURAHMI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENGGAPAI RIDHO ILAHI

Kamis, 05 Agustus 2010

PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH ARRAFIIYAH

Oleh H. Akbar
Ketua Yayasan Arrafiiyah

Sesuai Pasal 31 UUD 1945 Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Sementara itu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arrafiiyah berdiri tahun 1987, berada di Sinarmulya 2/5 No. 46 Ciomas Bogor yang terletak ± 10 km dari ibu kota kabupaten Bogor ke arah selatan. Letak sekolah yang jauh dari keramaian sangat mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Kondisi ekonomi nasional yang akhir-akhir ini cenderung tidak stabil, ditandai dengan semakin melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok, sangat berpengaruh sekali terhadap dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di MTs Arrafiiyah yang mayoritas mata pencaharian orang tua / wali muridnya adalah pengrajin sepatu dan sandal.

Namun meskipun kondisi ekonomi masyarakat yang demikian ini, tidak menjadi penghalang bagi orang tua / wali murid untuk menyekolahkan anaknya, sebagai wujud kesadarannya pada program pemerintah dalam menyukseskan wajib belajar 9 tahun, sehingga setiap tahun animo lulusan SD/MI untuk masuk di MTs Arrafiiyah selalu melebihi daya tampung. Di kecamatan Ciomas terdapat 11 sekolah tingkat menengah pertama, yang terdiri dari 7 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 4 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini sangatlah mendukung untuk berkompetisi positif dengan tidak mengenyampingkan segi kebersamaan, sebagai ciri khas masyarakat di lingkungan pedesaan, yang pada akhirnya akan tecipta situasi yang aman yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Diharapkan 5 tahun yang akan datang kondisi masyarakat Ciomas akan meningkat lagi kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, untuk membekali anak dalam menghadapi era globalisasi serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ditinjau dari segi mutu, pendidikan di MTs Arrafiiyah termasuk baik, perolehan NEM dari tahun ke tahun selalu meningkat, hal ini tidak lepas dari do'a dan perjuangan dari kepala sekolah dan guru yang kreatif dan inovatif dalam proses kegiatan pembelajaran. Diantara yang menunjang keberhasilan pendidikan di MTs Arrafiiyah adalah sumber daya guru yang mayoritas berkualifikasi sarjana ( S1), dan juga penerapan manajemen partisipatif dan keterbukaan sebagaimana yang diamanatkan dalam MBS. Kondisi yang demikian bukan berarti tanpa kendala, mengingat masih belum tercukupinya sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran, diantaranya keterbatasan laboratorium, perpustakaan, serta kondisi siswa yang berasal dari lingkungan yang berbeda-beda.

Sekolah yang mampu mencapai 8 Standar Nasional Pendidikan adalah menjadi cita-cita MTs Arrafiiyah. Jika kondisi-kondisi pendukung pendidikan yang berupa lingkungan sosial, politik, keamanan dan ekonomi semakin membaik diharapkan mutu pendidikan di MTs Arrafiiyah akan semakin baik ditandai dengan makin dekatnya pencapaian visi sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar